input license here

10+ Buah Yang Cocok Di Halaman Rumah

Buah Yang Cocok Ditanam di halaman rumah.

Source: pixabay.com

Tanaman hijau memiliki banyak peranan penting dalam kehidupan, salah satunya adalah untuk memberikan persediaan oksigen. Namun, tak jarang orang-orang memanfaatkannya untuk keindahan atau estetika selain mengambil manfaat utamanya.

Jika biasanya yang ditanam di depan rumah itu tanaman bunga, maka tidak menutup kemungkinan bahwa tanaman buah pun ditanam di halaman rumah. Hal ini tidak lain karena buah memiliki banyak sekali manfaat, terutama bagi kesehatan tubuh.

Selain itu, dengan menanamnya di halaman rumah, kita tidak perlu repot-repot untuk membelinya ke pasar karena di halaman rumah pun sudah tersedia. Hal ini dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi penanamnya atau si tuan rumah. Menanam buah di halaman rumah pun akan melatih ketelatenan, ketelitian, dan kesabaran selama prosesnya berlangsung. Namun, semua jerih payah itu akan terbayar lunas ketika berhasil memanennya.

Setiap buah memiliki manfaat dan kegunaannya masing-masing. Lalu, buah apa saja yang cocok untuk ditanam di halaman rumah? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Buah Jambu biji

Jambu bati atau yang lebih dikenal dengan jambu biji ini cocok sekali untuk ditanam di halaman rumah. Buah yang merupakan tanaman tropis dan berasal dari Brasil ini memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih dan merah dengan rasa asam hingga manis. Buah jambu biji ini dinilai mengandung banyak sekali vitamin C sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Selain dimanfaatkan buahnya, daun dari pohonnya pun sangat bermanfaat bagi kesehatan, antara lain mengobati diare, menurunkan kolesterol, melawan obesitas, dan juga menyembuhkan demam berdarah.

2. Buah Jeruk

Buah jeruk juga terkenal di Indonesia dan juga terkenal dengan kayanya vitamin C yang terkandung di dalamnya. Rasa yang dimilikinya beragam, mulai dari asam hingga manis, tetapi memiliki bau yang sangat menyegarkan. Air jeruk yang dihasilkannya dapat memberikan kesegaran saat kita merasa pusing karena kepanasan. Dengan menanamnya di halaman rumah, kita dapat menjamin bahwa buah tersebut terhindar dari pengawet dan pemanis buatan dan juga sisa pestisida. Namun, dalam menanamnya, kita harus bersabar karena memerlukan waktu yang tidak sebentar.

3. Buah Nangka

Pohon nangka juga banyak ditemukan di halaman rumah. Dalam menanamnya, kita dapat memilih varian nangka mini untuk ukuran pohon nangka yang pendek. Buah ini juga bermanfaat bagi kesehatan. Manfaat yang diberikannya antara lain melancarkan pencernaan, menjaga agar berat badan tetap ideal, memelihara kesehatan kulit, dan mengurangi risiko kanker.

4. Buah Alpukat

Buah selanjutnya yang dapat ditanam di halaman rumah adalah alpukat. Buah dengan rasa yang lezat ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Dengan mengonsumsinya, kita dapat merasakan rasa kenyang lebih lama sehingga baik untuk mengontrol berat badan.

Buah alpukat ini sangat disukai banyak orang karena dapat melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan mata, mencegah sakit jantung, dan mencegah terjadinya peradangan sendi.

5. Buah Sirsak

Buah lain yang dapat ditanam di halaman rumah adalah sirsak. Di Indonesia, tanaman ini sangat terkenal di Indonesia sehingga banyak ditanam di sekitar halaman rumah. Tanaman sirsak juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Di antara manfaat buah sirsak tersebut yaitu meningkatkan daya tahan tubuh bagi orang yanh mengonsumsinya. Selain itu, buah sirsak juga dapat mencegah pengeroposan tulang dan mengatasi asam urat. Hal tersebut inilah yang menjadi alasan mengapa buah sirsak ini banyak ditanam di halaman rumah.

6. Buah Kelengkeng

Buah selanjutnya yang dapat ditanam di halaman rumah yaitu kelengkeng. Kelengkeng ini banyak digemari oleh orang-orang karena rasanya yang manis. Buah lengkeng ini mengandung banyak sekali vitamin C, sehingga baik sekali untuk kesehatan tubuh. Selain itu, buah ini memiliki manfaat untuk kesehatan mata dan tulang. Jika kita ingin melakukan diet, maka buah ini cocok sekali untuk dijadikan sebagai makanan pendampingnya.

Tak disangka, buah ini juga bermanfaat sekali bagi ibu hamil. Manfaat bagi ibu hamil tersebut adalah membantu menambah nafsu makan, meningkatkan nafsu makan, mengatasi insomnia, menyehatkan pencernaan, menguatkan tulang, dan melancarkan buang air.

7. Buah Rambutan

Buah ini ditanam hampir di seluruh Indonesia. Buah yang unik dan rasanya manis ini memiliki ciri yang mencolok yaitu terdapat bulu di sekujur kulit buahnya yang berwarna merah terang. Tanaman ini sangat cocok untuk ditanam di pekerangan rumah.

Tanaman ini banyak diminati karena manfaat yang dimilikinya. Beberapa manfaatnya adalah menjaga kesehatan jantung, mencegah penyakit batu ginjal, menurunkan berat badan, mengatasi diabetes, dan menguatkan tulang. Oleh sebab itu, banyak orang yang mengonsumsi buah jenis ini.

8. Buah Sawo

Sawo juga termasuk ke dalam jenis buah yang dapat ditanam di halaman rumah. Bentuk dari buah sawo ini bulat dengan warna kulit dan daging yang hapir sama, yaitu warna cokelat. Rasa khas dari buah ini adalah manis dengan kulit yang tipis. Buah sawo ini juga baik sekali bagi kesehatan.

Tak disangka, buah sawo ini dapat mencegah anemia, merawat kesehatan kulit, menjaga kesehatan mata, melancarkan pencernaan, dan menjaga kesehatan tulang juga gigi. Buah sawo juga sangat membantu dalam menurunkan berat badan.

9. Buah jambu air

Sama halnya dengan buah jambu biji, jambu air juga memiliki manfaat dan dapat ditanam di halaman rumah. Dikatakan jambu air karena buah ini menyimpan banyak air di dalam buahnya sehingga dapat menyumbang air bagi tubuh kita. Salah satu manfaat yang dimiliki buah jambu air ini adalah untuk kecantikan kuit.

10. Buah mangga

Pohon mangga ini terkenal sebagai salah satu tanaman yang mudah untuk dibudidayakan dan juga cepat sekali berbuah. Saat akan menanamnya, kita tidak memerlukan lahan yang luas.

Banyak orang menanam buah ini karena memiliki banyak sekali manfaat. Di antara manfaat yang dimilikinya adalah menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker jahat, mengatasi obesitas, dan juga menyembuhkan anemia. Hal ini sejalan dengan vitamin C yang banyak sekali terkandung di dalam buah mangga.

11. Buah Pepaya

Buah ini juga cocok untuk ditanam di lingkungan rumah karena tanaman ini tidak memiliki cabang besar ke samping, melainkan tubuh menjulang ke atas. Buah pepaya dapat dikonsumsi dalam bentuk matang maupun mentah. Biasanya, jika buahnya masih hijau atau belum matang, akan dijadikan sayur atau tambahan di makanan. Sedangkan jika buahnya sudah matang, bisa dijadikan sebagai hidangan penutup atau camilan.

Tanaman in memiliki pertumbuhan yang sangat cepat sehingga dapat dengan cepat untuk dikonsumsi.

12. Buah Belimbing

Buah yang terakhir yang dapat ditanam di halaman rumah adalah belimbing. Jenis tanaman ini mudah sekali untuk ditanam dan dirawat. Buah belimbing memiliki campuran rasa antara manis dan asam sehingga tepat sekali untuk dinikmati saat cuaca panas.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai buah yang dapat ditanam di halaman rumah. Dari pemaparan tersebut dapat disimpulkan bahwa menanam buahnya tidak terlalu sulit. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.


Penulis: Melia Fitrianingsih
Editor : AhmadShaleh
Related Posts
Ahmad
Owner and Founder of This Blog. Just a software engineer and cyber security.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar