input license here

Apa itu Defisit Kalori? | Rumus Menghitung Defisit Kalori

Apa itu defisit kalori? Bagaimana Rumus Menghitung Defisit Kalori?

Pengaturan pola makan seimbang sangat penting di era masa kini. Banyaknya penyakit metabolism seperti diabetes mellitus, penyakit jantung coroner, dan autoimun menjadi dasar adanya pengaturan pola makan. Penurunan berat badan menjadi hal yang baik sekarang ini dengan menyarankan seseorang  untuk mengurangi porsi makanan. 

rumus menghitung defisit kalori

Hal itulah yang mendasari adanya pola mengurangi porsi makan dan disarankan untuk memperhatikan jumlah kalori yang dikonsumsi lebih sedikit dari jumlah kalori yang terbakar yang atau dikenal sebagai defisit kalori.

Metode defisit kalori ini mampu menurunkan berat badan secara signifikan.  Saat seseorang mengalami defisit kalori, tubuh akan mencari sumber lain yang bisa digunakan untuk energi atau bahan bakar. Sumber lainnya adalah lemak ekstra yang disimpan di pinggul, paha, perut, dan di seluruh tubuh. Saat tubuh membakar lemak untuk energi, saat itulah berat badan bisa turun.

Banyak orang makan lebih banyak kalori daripada yang mereka butuhkan setiap hari. Jika hal ini dilakukan secara teratur, kalori ekstra akan disimpan dalam tubuh sebagai lemak. Jadi, bagaimana bisa menurunkan lemak ekstra dan menurunkan berat badan?

 Dengan menerapkan jalur defisit kalori. Defisit energi terjadi saat seseorang makan lebih sedikit di siang hari. Ketika tubuh tidak mendapatkan jumlah kalori yang dibutuhkan untuk menjalankan semua fungsi yang dibutuhkannya.

Defisit kalori juga disebut defisit energi karena kalori adalah satuan energi. Kalori dalam makanan memberikan energi berupa panas, agar tubuh bisa berfungsi dengan baik, bahkan saat istirahat. Jumlah kalori yang dibakar setiap hari disebut total pengeluaran energi harian. Jumlah kalori yang terbakar oleh aktivitas olahraga dan gerakan non olahraga.

Bagaimana menghitung deficit kalori?


Jadi bagaimana  membuat defisit kalori 500 kalori per hari atau 3.500 kalori per minggu?  tidak perlu menyiksa diri sendiri dengan membuat diri  kelaparan. Mulai dengan membangun kebiasaan mengurangi porsi makanan, mulai bergerak aktif, dan mengkombinasikan keduanya.

Pengurangan terhadap porsi makanan bisa mengurangi jumlah kalori yang masuk ke tubuh  setiap hari dengan mengurangi porsi makanan, mengurangi kebiasaan ngemil, dan memilih makanan rendah kalori untuk dimakan. Jika jumlah kalori yang  kurangi cukup besar, hal itu dapat menyebabkan defisit kalori yang cukup besar untuk menurunkan berat badan.

Selain mengatur pola makan, jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh  setiap hari tergantung pada tingkat aktivitas . Ini termasuk olahraga yang  lakukan setiap hari serta gerakan fisik yang  lakukan tanpa olahraga. Jadi,  bisa membuat defisit kalori dengan memperbanyak aktivitas fisik, sehingga jumlah kalori yang dibakar bisa lebih besar dari jumlah kalori yang  konsumsi.

Kebanyakan pelaku diet yang berhasil menurunkan berat badan menggunakan kombinasi diet dan olahraga. Artinya, mereka mengurangi asupan kalori dari makanan sebesar 250 kalori per hari, ditambah jalan cepat 60 menit untuk membakar 250 kalori tambahan. Jadi total defisit kalori yang berhasil mereka hasilkan adalah 500 kalori. Sehingga dihasilkan defisit kalori 3.500 kali per minggu

Kebutuhan kalori antara laki-laki dengan perempuan berbeda. Umumnya, laki-laki membutuhkan 2.000-3.000 kalori per hari. Sedangkan perempuan perlu sekitar 1.600-2.400 kalori setiap harinya.

Berikut cara menghitung defisit kalori untuk diet.


1. Basal Metabolic Rate (BMR)

BMR, angka yang menunjukkan energi saat manusia saat istirahat sepenuhnya, Berikut rumus untuk menghitung BMR berdarkan Mifflin St. Jeor.

 defisit kalori rumus

2. Total Daily Energy Expenditure (TDEE)

TDEE juga merupakan metode menghitung defisit kalori. Angka TDEE menunjukkan banyak energi yang dibutuhkan oleh tubuh saat beraktivitas. Berikut rumus untuk menghitung TDEE.

 rumus hitung defisit kalori
Di zaman sekarang ini, telah diciptakan  aplikasi penghitung kalori makanan yang dapat mempermudah  untuk mengetahui jumlah kalori dan meng

Penulis : Aristanti E.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar