input license here

5 Daerah Penghasil Gula Aren Organik Terbaik di Indonesia

Inilah 5 Daerah Penghasil Gula Aren Organik Terbaik di Indonesia

Gula aren organik adalah gula aren yang dihasilkan dari proses yang tidak melibatkan bahan kimia sama sekali. Artinya, mulai dari proses memanen tandan bunga aren hingga pengolahan dan penyimpanan, tidak ada bahan kimia yang dipergunakan. Semuanya serba alami dan tanpa menggunakan bahan tambahan

gula aren organik

Indonesia merupakan salah satu negara dengan hasil alam yang luar biasa. Inilah mengapa negara ini disebut-sebut sebagai negara penghasil produk alami berkualitas. Salah satu contohnya adalah gula aren organik.

Daerah Penghasil Gula Aren Organik yang Mendunia


Gula aren organik adalah hasil olahan dari tandan jantan bunga pohon enau atau aren tanpa menggunakan bahan kimia. Rasanya manis dan gurih. Gula aren dipercaya memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan gula pasir. Itulah sebabnya masyarakat memanfaatkan gula aren organik sebagai pengganti bagi penderita diabetes atau obesitas.

Bagi Anda yang ingin memperoleh gula aren organik terpercaya, berikut ini adalah beberapa daerah penghasil gula aren organik di Indonesia. Diantaranya adalah :

1. Lebak, Banten

Lebak Banten merupakan salah satu wilayah penghasil gula aren organik yang sudah terkenal di dunia. Produk gula aren dari tempat ini sudah tersebar dan dipergunakan oleh masyarakat berbagai negara di belahan dunia.

Jumlah produksi gula aren di kota ini mencapai ratusan ton setiap bulannya. Cetakannya halus, rasa manisnya pas, lebih tahan lama, kadar gulanya rendah dan yang pasti bebas bahan kimia. Itulah mengapa gula aren organik Lebak bisa menembus pasar dunia.

2. Dayeuhluhur, Cilacap, Jawa Barat


Salah satu kecamatan di Jawa Barat yang juga cukup terkenal sebagai penghasil gula aren organik adalah Dayeuhluhur Cilacap. Produk gula aren organik di tempat ini bahkan telah tersertifikasi organik sejak tahun 2013 silam.

Kelebihan gula aren organik asal Cilacap ini adalah kandungan gizi yang lebih baik dibandingkan dengan gula tebu. Bahkan, kandungan kalsiumnya juga dinilai lebih tinggi dan hampir setara dengan kalsium dalam susu.

3. Temanggung, Jawa Tengah

Kota ini memiliki sumber daya alam yang baik untuk menghasilkan gula aren organik berkualitas. Topografi kota Temanggung di Jawa Tengah adalah posisi yang sempurna untuk pertumbuhan pohon aren secara maksimal. Itulah sebabnya pohon aren tumbuh subur di kota ini.

Potensi penghasil gula aren berada di 6 kecamatan di Temanggung. Produksi gula aren organik di Temanggung mencapai lebih dari 850 ton setiap tahunnya. Jumlah ini semakin meningkat dari tahun ke tahun. Sampai sekarang, masyarakat terus berupaya meningkatkan produksi gula aren organik.

4. Tasikmalaya, Jawa Barat

Tasikmalaya juga memiliki prosentase lahan cukup besar dari total lahan tanaman aren di seluruh Jawa Barat. Gula aren organik yang dihasilkan di tempat ini bahkan mencapai puluhan ton setiap tahunnya.

Proses produksi gula aren di Tasikmalaya juga dikenal dengan standar organiknya. Tanpa penambahan bahan pengawet, campuran bahan kimia ataupun menggunakan pewarna.

5. Oku Selatan, Sulawesi Selatan

Saat ini, luas kebun pohon aren di kota Oku Selatan di Provinsi Sulawesi selatan adalah sekitar 470 hektar. Dengan jumlah ini, mereka mampu menghasilkan setidaknya 155 ton gula aren organik setiap tahunnya.

Usaha pengembangan pohon aren di Sulawesi Selatan semakin diperbesar. Selain karena tipikal lahannya yang masih luas, kondisi tanah di Oku Selatan juga sangat mendukung pertumbuhan pohon aren dengan baik.

Itulah 5 daerah penghasil gula aren organik terbaik di Indonesia. Dewasa ini, banyak orang yang mencoba pola hidup sehat dengan mengganti konsumsi gula tebu menjadi gula aren organik. Lima daerah ini telah cukup terpercaya 


Penulis : Riska Artanti

Editor : Sigit Utomo

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar