4 Lembaga Sertifikator Organik Internasional di Indonesia

4 Lembaga Sertifikator Organik Internasional di Indonesia

Daftar Lembaga Sertifikasi Organik Internasional yang Ada Di Indonesia

Pertanian dan perkebunan merupakan poin plus yang dimiliki Indonesia di kancah internasional. Letak geografisnya yang strategis dan subur, sangat ideal untuk dijadikan lahan bercocok tanam. Tak perlu gengsi, karena bergelut dengan dunia tanaman juga dapat memberikan hasil yang cukup menjanjikan. Apalagi jika produk yang dihasilkan mampu bersaing dengan produk luar negeri.

Meskipun tergolong lebih mahal, produk pertanian dan produk olahan makanan organik memiliki pasar yang cenderung stabil. Hal ini dikarenakan produk organik sering dikaitkan dengan gaya hidup sehat dan keamanan pangan. Daftar lembaga sertifikasi organik internasional dapat memberikan solusi tepat, bagi para petani lokal yang ingin bersaing di dunia internasional.

sertifikator organik internasional



Daftar Lembaga Sertifikasi Organik Internasional

Melalui Badan Standarisasi Nasional, Indonesia menetapkan standar yang dapat digunakan sebagai acuan untuk menerapkan sistem pengolahan bahan organik. Standar tersebut mengacu kepada standar yang berlaku di negara-negara lain, seperti Codex Standard, Eurupean Regulation, dan lain-lain. Berikut adalah daftar lembaga sertifikasi organik internasional di Indonesia:

1. PT BIOCert Indonesia


Menempati urutan pertama dalam daftar lembaga sertifikasi organik internasional adalah PT BIOCert Indonesia. BIOCert merupakan lembaga inspeksi, sertifikasi organik, serta ecososial, artinya produksi yang dilakukan ramah lingkungan dan dapat dipertanggungjawabkan secara sosial. Perusahaan ini didirikan oleh Aliansi Organis Indonesia pada tahun 2002.

Namun, sejak tahun 2006 BIOCert terdaftar secara resmi sebagai PT BIOCert Indonesia dan terakreditasi ISO17065. Tak hanya itu, perusahaan ini juga sudah mendapat sertifikasi organik dari Uni Eropa dan Kanada. Dengan memegang teguh prinsip profesionalitas, akuntabilitas, serta siklus berkelanjutan, BIOCert berhasil menorehkan prestasi di kancah internasional.

Ingin ikut memperkenalkan produk organik di kancah dunia? Segera ajukan sertifikasi produk ke BIOCert ke alamat Jalan Perdana Raya Budi Agung, Cimanggu Residence Ruko A1, Kedung Badak, Bogor. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai pelayanan, Anda dapat langsung mengaksesnya ke www.biocert.co.id atau hubungi ke nomor (0251) 7551811.

2. PT Icert Agritama Internasional


Daftar lembaga sertifikasi organik internasional yang kedua adalah PT Icert Agritama Internasional atau yang biasa dikenal dengan ICERT. Lembaga ini berlokasi di Jalan Pangeran Sogiri Ruko Hollywood Square Blok F1-2, Tanah Baru, Bogor. Untuk menghubunginya Anda dapat menggunakan line telepon ke (0251) 7504669 atau via surel ke icert@icert.id.

Icert merupakan lembaga sertifikasi organik yang berkomitmen untuk melayani tanpa suapan dan keberpihakan (netral). Wajar, karena Icert sudah terhubung secara global hingga ke dunia internasional. Hal ini dibuktikan dengan adanya otorisasi sertifikasi produk organik dari Thailand, Uni Eropa, Kanada, dan lain sebagainya.

Sementara di negeri sendiri, Icert sudah terakreditasi ISO17065 oleh KAN dengan ruang lingkup sertifikasi produk tanaman, peternakan, produk liar, produk olahan, serta input organik. Saat ini Icert terus berupaya untuk memperluas ruang lingkup, agar dapat lebih maksimal dalam melayani masyarakat. Untuk informasi selengkapknya, Anda dapat mengakses website resminya di www.icert.id.

3. PT SUCOFINDO (PERSERO)

Daftar lembaga sertifikasi organik internasional yang ketiga adalah PT Sucofindo yang beralamatkan di Jalan Raya Pasar Minggu Kavling 34, Jakarta. Sucofindo merupakan lembaga sertifikasi produk dan sistem manajemen yang sudah memiliki lebih dari 40 laboratorium sendiri. Hebatnya, beberapa laboratorium ini bahkan dinobatkan sebagai laboratorium terbesar di Asia.  

Lembaga ini didirikan pada tahun 1956 yang kini 95% dari sahamnya dimiliki oleh negara. Keseriusannya dalam melayani masyarakat, Sucofindo sudah memiliki 10 Strategic Business Unit atau SBU. Beberapa di antaranya yaitu SBU batu bara, komoditas dan solusi perdanganan, mineral, dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui detail pelayanan, cara pengajuan, atau informasi training, Anda dapat mengunjungi website-nya ke www.sucofindo.co.id atau hubungi nomor (021) 7987015. Sementara untuk pengiriman surel, Anda dapat mengirimnya ke tmardiana@sucofindo.co.id.

4. PT PCU Indonesia

Daftar lembaga sertifikasi organik internasional yang terakhir adalah PT PCU Indonesia. Control Union atau PCU merupakan lembaga sertifikasi berskala global yang mendedikasikan diri untuk melakukan verfikasi, inspeksi, pengawasan, dan sertifikasi independen. Lembaga ini sudah tergabung ke dalam jaringan Control Union Group yang telah hadir di lebih dari 70 negara.

Meski demikian, Control Union Indonesia sudah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional, Raad Voor Accreditatie di Belanda. Selain itu, masih ada beberapa otorisasi lain yang didapatkan dari lembaga-lembaga yang ada di dunia. Oleh karena itu, hampir dapat dipastikan sertifikat yang dikeluarkan oleh Control Union akan berlaku di seluruh negara.

Ingin tahu lebih lanjut tentang program dan pelayanan yang ada di Control Union? Anda dapat datang ke kantor pusat yang berada di Jalan TB. Simatupang No.05 Ragunan, Pasar Minggu atau menghubungi (021) 22708984. Sementara untuk mengetahui detail informasi, Anda dapat mengakses www.controlunion.co.id atau meminta penawaran dengan mengirimkan surel ke jakarta@controlunion.com.

Demikian adalah daftar lembaga sertifikasi organik internasional yang ada di Indonesia. Melalui keberadaan mereka, Anda dapat mengembangkan sayap bisnis lebih luas lagi. Segera daftarkan produk Anda dan ikuti setiap proses yang dianjurkan. Semoga bermanfaat dan percayalah, hasil tidak akan pernah menghianati usaha.

Penulis : Narendra Devi

Editor : Sigit Utomo