10 Manfaat Masker Organik Green Tea Untuk Kecantikan

10 Manfaat Masker Organik Green Tea Untuk Kecantikan

Daftar Manfaat Masker Organik Green Tea Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Tentu anda sudah sangat mengenal bahan green tea, bukan? Green tea memang tidak asing di kalangan masyaarakat Indonesia. Ia terkenal sebagai seduhan hijau yang nikmat, masker wajah organik, serta berbagai merek suplemen pelangsing tubuh. Jenis tanaman hijau yang dikenal berasal dari Jepang ini memang memiliki segudang manfaat bagi manusia.

manfaat masket green tea

Namun kali ini, kita akan fokus membahas manfaat masker organik green  tea bagi kulit wajah serta kandungan-kandungan alami yang terdapat di dalamnya. Jika anda penasaran, jangan sampai melewatkan membaca artikel ini hingga akhir. 


Kandungan masker organik green tea serta manfaatnya:


Sebelum membahas lebih lanjut mengenai apa saja manfaat masker organik green tea bagi kulit, berikut ini merupakan daftar kandungan zat yang umum terdapat dalam green tea:

  1. 1. Zat anti-oksidan
  2. 2. Vitamin E dan B6
  3. 3. Asam amino
  4. 4. Cafein
  5. 5. Anti inflamasi
  6. 6. Anti-bakteri

 

Manfaat masker organik green tea pada kulit wajah:


1. Mengatasi mata panda


Lingkaran hitam di sekitar mata memang menjadi problem banyak perempuan di Indonesia dari berbagai kalangan usia. Problem mata panda dapat disebabkan oleh  alasan, diantara yang paling banyak dialami ialah karena terlalu sering menatap layar hp atau pc terlalu lama, mata lelah, kurang istirahat, kurang darah, dan lain sebagainya. Selain menunjukkan adanya masalah pada tubuh, mata panda juga membuat tampilan muka kurang menarik.


Masker green tea merupakan perawat ahli dalam menghilangkan masalah mata panda. Zat anti-oksidan yang terkandung dalam green tea bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori di bagian bawah mata. Jangan lupa untuk mengaplikasikan masker pada wilayah seputar mata dengan teratur dan rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.  


2. Menghilangkan bruntusan


Umumnya, bruntusan pada wajah dapat disebabkan oleh tekstur kulit wajah yang terlalu kering sehingga mengalami dehidrasi. Bruntusan bisa terjadi di beberapa bagian wajah yang paling kering saja. Untuk mengatasinya, anda dapat mengaplikasikan masker green tea ke seluruh bagian wajah sebagai langkah penyembuhan dan pencegahan.  


Cara kerja racikan organik green tea ialah dengan memberikan kelembaban maksimal dan alami pada kulit wajah.  Oleh karenanya, penggunaan secara rutin sangat penting untuk  bisa mendapatkan hasil yang maksimal.


3. Melembabkan kulit


Bagi anda yang memilliki kulit wajah jenis kering, masker green tea sangat direkomendasikan untuk digunakan. Hal ini disebabkan green tea memiliki kandungan alami untuk mendehidrasi kulit. Dengan demikian, kulit kering dapat mendapatkan asupan nutrisi yang maksimal.


Kulit wajah yang memiliki kelembaban sesuai akan dapat terhindar dari bruntusan, kemerahaan karena  iritasi, kusam, serta kerutan pada garis-garis wajah.


4. Menghilangkan peradangan pada kulit


Peradangan kulit bisa ditandai dengan munculnya rasa gatal atau warna kemerahan pada wajah. Apabila gejala radang sering muncul, ada kemungkinan bahwa kulit memiliki alergi terhadap elemen tertentu seperti debu, suhu panas, atau bakteri.


Green tea mengandung zat anti-bakteri yang akan melindungi kulit dari sensitivitas-sensitivitas yang dapat menyebabkan gejala peradangan. Gunakan masker green tea secara rutin setelah membersihkan wajah di sore atau malam hari, langkah ini akan menghindarkan kulit dari bakteri-bakteri jahat.

   
5. Memulihkan gejala akibat sengatan sinar matahari


Bagi anda yang berkulit sensitif, terkena terik sinar matahari secara  langsung dapat membuat kulit wajah serasa terbakar. Pada beberapa orang juga akan menyebabkan warna merah pada kulit. Jika mengalami kondisi demikian, cuci wajah dan segera oleskan masker green tea di area yang terasa terbakar. 


Sentuhan green tea yang mengandung kafein akan membubuhkan rasa sejuk dan efek menenangkan pada kulit wajah, membuatnya kembali stabil. Jadi, anda tidak perlu khawatir lagi akan merasa tidak nyaman sebab kulit yang terasa terbakar.


6. Mencerahkan kulit


Selain pada area sekitar mata, green tea juga dapat mencerahkan seluruh bagian kulit wajah. Caranya, cukup lakukan perawatan masker wajah dua kali dalam seminggu. Langkah ini dapat membuat kulit nampak lebih bercahaya secara alami, sebab mendapatkan asupan vitamin yang cukup.
Tentu saja, masker organik ini aman digunakan untuk jangka panjang. 


7. Mengembalikan tekstur kulit


Dikarenakan berbagai sebab, banyak perempuan mengeluhkan kulit wajah mereka terasa kendor atau terlalu kencang sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman seperti tertarik. Gejala ini sering dikaitkan dengan tekstur kulit yang kurang sesuai dengan seharusnya. 


Untuk mengatasinya gunakan masker organik green tea yang alami dan mujarab dalam menormalkan tekstur kulit. Vitamin E dan B6 akan mengembalikan kembali kelembaban kulit serta menyeimbangkan kadar kolagennya. Hal ini bermanfaat untuk membuatnya nampak lebih halus, kencang dan sehat alami.


8. Mencegah penuaan dini


Daun green tea secara alami mengandung kadar anti-oksidan tinggi sehingga dapat meremajakan kulit,  baik apabila dikonsumsi atau diaplikasikan menjadi masker wajah dan kosmetik. Anti-oksidan tersebut berfungsi untuk melawan polusi, sinar UV, serta berbagai kotoran dan debu penyebab penuaan kulit.


Kandungan vitamin dalam green tea juga membuat  sel kulit melakukan regenerasi lebih cepat sehingga mencegah munculnya kerutan pada wajah. 


9. Mencegah kanker kulit


Lebih jauh, green tea dapat mencegah munculnya kanker kulit, tepatnya kanker nonmelanoma. Jenis kanker ini disebabkan oleh paparan sinar UV serta terjadinya stres oksidatif. Untuk mencegahnya, kandungan masker green tea membantu mengembalikan DNA yang rusak akibat UV tersebut dengan anti-oksidan EGCG yang terdapat di dalamnya.


Dalam fungsi ini, anda juga sangat disarankan untuk mengonsumsi greentea dalam membantu mengantisipasi terjadinya gejala-gejala kanker  nonmelanoma. 


10. Mengatasi kulit berminyak


Apabila terdapat anggapan bahwa green tea hanya cocok digunakan untuk kulit kering, maka itu tidak sepenuhnya benar. Green tea juga berkhasiat mengendalikan minyak wajah yang sangat berpotensi menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat serta komedo,   


Namun tak perlu khawatir, masker organik green tea memiliki kandungan anti-inflamasi, anti-oksidan, serta anti bakteri/ mikroba yang bermanfaat mengendalikan kelenjar sebaceous yakni kelenjar penghasil minyak pada wajah.    


Sebagai tambahan, saat ini banyak sekali beredar olahan green tea di pasaran, baik itu berupa teh seduh maupun masker organik. Untuk bisa mendapatkan 10 manfaat kulit sebagaimana disebutkan diatas, maka wajib hukumnya untuk memastikan bahwa olahan green tea yang terkandung dalam merk tersebut asli dan berasal dari daun green tea yang berkualitas. 


Bagi pemula, perhatikan hal-hal berikut ini ketika membeli masker green tea:

  • Perhatikan keberadaan tanggal produksi serta kadaluarsa pada kemasan
  • Perhatikan warna masker dalam keadaan cair, green tea dengan kualitas baik memiliki warna hijau pekat.
  • Bau green tea sangat khas, sejuk dan menenangkan. Tidak terlalu menyengat atau mempunyai bau sampingan tertentu. Apabila menemukan bau yang ganjil atau menyengat, terdapat kemungkinan masker green tea sudah mengalami pencampuran.
  • Daun green tea sendiri memiliki harga yang cukup mahal. Oleh karenanya, waspadai merek masker green tea yang membandrol harga terlalu murah.


Penulis : Hanifah

Editor : Sigit Utomo