Daftar Resmi Lembaga Sertifikasi Organik Indonesia

Daftar Resmi Lembaga Sertifikasi Organik Indonesia

Daftar Lembaga Sertifikasi Organik Indonesia yang Terakreditasi KAN

Daftar lembaga sertifikasi organik Indonesia ini harus menjadi perhatian, terutama bagi pemilik usaha dalam bidang pertanian dan peternakan. Pasalnya, sertifikat tersebut merupakan modal utama untuk memberikan nilai tambah serta daya saing produk organik yang dihasilkan. Kenapa demikian?


Sebab, produk yang memiliki sertifikat sudah pasti terjamin keamanannya, terutama dari bahan-bahan kimia berbahaya. Proses sertifikasi ini tidaklah mudah, akan ada serangkaian penilaian dan pengujian oleh lembaga yang ditunjuk. Tidak hanya dalam hal penerapan sistem pertanian saja, tetapi juga pada sistem kendali internal atau SKI.

 

daftar sertifikator organik indonesia

Daftar Lembaga Sertifikasi Organik Indonesia


Berikut adalah daftar lembaga sertifikasi organik Indonesia atau yang sering disingkat menjadi LSPO. Lembaga tersebut bekerja berdasarkan permohonan yang diajukan oleh pemilik usaha organik atau dinas pertanian tingkat provinsi. Namun, pastikan LSPO tersebut sudah mengantongi sertifikat akreditasi yang diberikan oleh Komite Akreditasi Nasional. Berikut beberapa LSPO yang direkomendasikan: 


1. LSO-001-IDN, PT Sucofindo (Persero) 


LSPO yang pertama bernama PT Sucofindo yang beralamatkan di Graha SUCOFINDO Lantai B. Tepatnya, berada di Jalan Raya Pasar Minggu Kavling 34, Jakarta dengan nomor telepon (021) 7987015. Tak hanya melayani pengurusan sertifikasi produk tanaman dan ternak saja, Sucofindo juga memiliki beberapa layanan jasa yang lain.


Beberapa di antaranya, yaitu layanan inspeksi dan audit, konsultasi mengenai mutu, lingkungan, K3, dan produktivitas, serta beberapa pelatihan. Hebatnya, Sucofindo memiliki 40 laboratorium sendiri yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kirimkan surel melalui tmardiana@sucofindo.co.id atau akses ke www.sucofindo.co.id. 


2. LSO-002-IDN, PT Mutu Agung Lestari


Daftar lembaga sertifikasi organik Indonesia yang kedua adalah PT Mutu Agung Lestari. LSPO yang satu ini berlokasi di Jalan Raya Bogor No.19 KM. 33.5, Cimanggis, Depok dengan nomor telepon (021) 8740202. Berdiri sejak tahun 1990, MUTU menjadi salah satu LSPO terbesar dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 


Dengan masa berlaku sampai 19 Oktober 2024, MUTU siap melayani sertifikasi, inspeksi, pengujian, serta pendaftaran FDA. Tak hanya melayani bisnis skala kecil, layanan MUTU juga menjangkau beragam industri, baik kehutanan, perkebunan, logistik, dan lain-lain. Informasi lebih lanjut akses ke www.mutucertification.com atau kirim surel melalui datacenter@mutucertification.com. 


3. LSO-003-IDN, INOFICE


Daftar lembaga sertifikasi organik Indonesia yang berikutnya adalah INOFICE. Lembaga tersebut memiliki ruang lingkup sertifikasi dalm bidang tanaman, peternakan, input produksi, madu dan jamur, serta produk olahan. Dengan masa berlaku sampai 28 Februari 2025, Inofice juga siap melayani sertifikasi Jaminan Integritas Produk Organik Impor atau JIPOI. 


Untuk informasi layanan dan ketentuan, silakan akses ke www.inofice.com atau kirim surel ke alamat inofice@yahoo.com. Namun, sejak Agustus lalu kantor Inofice pindah ke Jalan Cempaka Blok Z-VII No.02 Rt 001/008, Taman Cimanggu, Kedung Waringin, Bogor. Oleh karena itu, jangan sampai salah alamat, hubungi nomor 0851-0013-5644 untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat. 


4. LSO-004-IDN, Distanhorbun Provinsi Sumatera Barat


Daftar lembaga sertifikasi organik Indonesia yang berikut ini adalah satu-satunya LSO yang dimiliki dan dikelola oleh pemeritah. Dinas Pertanian Hortikultura dan Perkebunan Provinis Sumbar beralamatkan di Jalan Raden Saleh No.04A, Padang. LSO Sumbar memiliki ruang lingkup sertifikasi dalam bidang tanaman segar dan produk tanaman, input produksi, serta produk olahan pangan. 


Pada bulan Juli lalu, LSO Sumbar menerima reakreditasi ke-3 yang akan berlaku sampai dengan bulan Juli tahun 2025 mendatang. Segera ajukan produk yang dimiliki ke alamat tersebut atau melalui surel ke lso_sbr@yahoo.com. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi (0751) 7054686 atau akses ke akun Instagram @lso_sumbar.


5. LSO-005-IDN, LeSOS


Daftar lembaga sertifikasi organik Indonesia yang kelima adalah LeSOS yang berlokasi di Dusun Biting, Desa Seloliman Trawas, Mojokerto. Masa akreditasinya baru saja diperpanjang pada bulan Maret lalu dan akan berlaku sampai bulan Maret pada tahun 2025 mendatang. 

 

Ruang lingkup LeSOS meliputi pertanian, peternakan, produk pangan olahan, input produksi, serta produk khusus (jamur). Untuk pengiriman dokumen, dapat langsung dialamatkan ke lesos@indo.net.id ataupun admin@lesosindonesia.com. 

 

Dalam rangka mengedukasi masyarakat, LeSOS sering mengadakan event sosialisasi atau mengunggah konten bermanfaat. Oleh karena itu, rajin-rajinlah mengakses website www.lesosindonesia.com atau dengan menghubungi (0321) 6818754 / 6815495.


6. LSO-006IDN, BIOCert Indonesia


BIOCert merupakan lembaga sertifikasi organik yang sudah berskala internasional. Kantornya terletak di Jalan Perdana Raya Budi Agung, Cimanggu Residence Ruko A1, Kedung Badak, Bogor dengan nomor telepon (0251) 7551811. 

 

Ruang lingkup sertifikasi BIOCert sudah luas, meliputi tanaman, peternakan, produk olahan, peternakan lebah, produk yang tidak dibudidayakan, serta pupuk organik. Tak hanya melayani sertifikasi produk saja, BIOCert juga sering mengadakan sharing dan training. 

 

Pada beberapa kesempatan, bahkan mereka pernah menyelenggarakan diskusi dengan skala internasional. Jika ingin mengikutinya, pastikan mengikuti perkembangan informasi BIOCert. Selain melalui www.biocert.co.id, dapat juga mengirimkan surel ke biocert@biocert.co.id. 


Demikian daftar lembaga sertifikasi organik Indonesia yang resmi dan sudah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional atau KAN. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan acuan untuk proses pengajuan sertifikasi usaha Anda. 


Penulis : Narendra Devi

Editor : Sigit Utomo