Apa Itu Beras Organik? Apa Keunggulannya Dibanding Beras Biasa?

Apa Itu Beras Organik? Apa Keunggulannya Dibanding Beras Biasa?

Apa itu Beras Organik?

 

Beras organik adalah jenis beras yang berasal dari budidaya pertanian organik. Secara sederhana beras ini masuk kategori makanan sehat karena dihasilkan dari proses alami dan ramah lingkungan. Proses alami inilah yang kemudian distandarisasi menjadi pertanian organik dimana beras organik adalah salah satu komoditas utamanya.

 

Beras organik juga saat ini adalah salah satu produk organik dengan pangsa pasar paling besar di Indonesia. Bagaimana melihatnya? Cara paling sederhana adalah dengan melihat seberapa besar distribusi dan pemasarannya. Jika kita cek saat ini hampir semua supermaket di kota besar sudah menyediakan besar organik. Sebuah tanda bahwa komoditas ini sudah memiliki pasar yang cukup luas.

 

apa itu beras organik

Pentingnya Mengkonsumsi Beras Organik

 

Makanan merupakan elemen yang selalu masuk ke dalam tubuh kita setiap hari. Oleh karenanya, kualitas makanan yang kita konsumsi sangat menentukan tingkat kesehatan tubuh. Tidak selektif memilih makanan sehat dapat memicu resiko keracunan, keluhan pencernaan, bahkan kanker.

 

Untuk mengantisipasi bahaya tersebut, banyak orang beralih mengonsumsi makanan organik. Diantara yang paling populer saat ini ialah nasi organik. Istilah ‘nasi organik’ digunakan untuk menyebut jenis nasi yang berasal dari padi yang terbebas dari bahan-bahan kimia, sejak ditanam hingga dipanen. Bahan kimia yang dimaksud disini ialah pupuk kimia dan cairan pestisida untuk mengusir hama.

 

Selain memberikan dampak kurang baik ketika dikonsumsi, penggunaan bahan-bahan kimia pada tanaman dapat merusak kualitas tanah beserta rantai ekosistem di dalamnya. Penggunaan zat kimia yang notebene nya asing dengan tanah secara berkepanjangan dapat dapat merusak struktur tanah secara total, sehingga tidak bisa lagi menjadi media tumbuh tanaman.

 

Keunggulan Beras Organik 

 

Dibandingkan beras pada umumnya, beras organik memiliki tiga keunggulan utama yang perlu diketahui:

 

1. Nasi bertahan selama 24 jam

 

Kelebihan beras organik yang paling signifikan yaitu ketahanan nya yang lebih tinggi dibandingkan beras biasa apabila sudah dimasak menjadi nasi. Umumnya, nasi biasa akan sedikit berubah jika sudah lebih dari 15 jam, mulai dari munculnya cairan lengket hingga perubahan bau. Gejala ini menandakan bahwa nasi sudah menjelang basi dan tidak layak dimakan.

 

Adapun beras organik tetap bertahan dalam keadaan semula selama 24 jam tanpa perubahan bau dan rasa.

 

2. Memiliki kandungan nutrisi lebih banyak

 

Beras organik kaya akan mineral dan nutrisi, termasuk karbohidrat, glukosa, dan protein murni. Kandungan gula pada nasi organik aman bagi penderita deabetes karena sifatnya mudah terurai. Justu kandungan mudah diurai ini sangat disarankan untuk diabetes demi mencukupi kebutuhan tubuh akan glukosa. 

 

Dalam ilmu kesehatan, beras organik sangat dianjurkan karena bermanfaat untuk menghindari kanker, menurunkan kemungkinan serangan jantung, mengontrol asam urat, vertigo, dan darah tinggi. Dengan berbagai manfaat ini, beras organik sangat baik dikonsumsi terutama oleh balita dan lansia.

 

3. Cocok untuk Program Diet

 

Nasi putih merupakan pantangan bagi sebagian besar program diet. Beras putih mengandung gula yang tinggi dan menyumbang banyak kalori sehingga rawan tertimbun menjadi lemak. Selain itu, orang yang memiliki resiko diabetes keturunan juga diharuskan untuk membatasi konsumsi.

 

Sebagaimana sudah disinggung dalam poin kedua, kandungan gula / glukosa pada beras organik berbeda. Ia mempunyai sifat mudah terurai dan lebih ramah terhadap tubuh. Hal ini menjadikannya recommended sebagai makanan pokok alternatif dalam program diet. 

 

4. Volume lebih banyak ketika dimasak

 

Kualitas beras dapat kita ketahui melalui ukurannya ketika matang. Beras dengan kualitas baik akan mengembang maksimal dan nampak lebih pulen. Warnanya normal (tidak terlalu putih) karena tidak mengalami proses poles.

 

Volume nasi yang penuh juga membuat perut terasa lebih mudah kenyang dan tidak gampang lapar. Porsi makanan yang pas akan membuat metabolisme berjalan dengan sempurna.

 

Dengan segala macam keunggulannya, maka tidak beras saat ini ibu - ibu memilih memberikan asupan makanan pokok berupa beras organik sebagai bagian dari MP-ASI mereka. Banyak yang percaya bahwa beras organik adalah solusi tepat untuk tubuh dan alam yang lebih sehat.   

 

Penulis : Muna Hanifah

Editor : Sigit Utomo